Selasa, 05 April 2011

Spacepainting

Lukiskan Keindahan Ruang Angkasa

Spacepainting juga menggambarkan keseimbangan antara empat unsur yang ada di alam semesta.
Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityFoto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting Community


BAGI sebagian orang mungkin masih awam dengan seni lukisspacepainting, salah satu cabang seni lukis yang menggambarkan keindahan ruang angkasa seperti planet, bintang dan meteor dengan menggunakan cat semprot kalengan. Di Indonesia, seni lukis ini pertama kali dipopulerkan oleh anak muda bernama Ario Alham Sutisnawan, sarjana lulusan Senirupa dan Desain Universitas Triksakti Jakarta.
Rio (Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting Community)Rio (Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting Community)Berkat lelaki murah senyum ini seni lukis spacepainting pun berkembang di Indonesia dan diminati banyak orang. Bahkan agar peminat seni lukis ini dapat lebih mengenal spacepainting, Ario Alham Sutisnawan bersama Reynanto Akhmad Aditya pun membentuk satu komunitas bernama GLXY Imagilangit Spacepainting Community pada 8 November 2007 lalu.
Anggota komunitas tersebut biasa berkumpul untuk mengekpresikan karyanya di kediaman Ario Alham Sutisnawan di Jl Swadaya Rempoa Ciputat. Dan, saat ini anggota Spacepainting yang telah tersebar di Indonesia telah sekitar 541 orang, sementara yang aktif dan kerap datang ke rumah Ario yang merangkap basecamp adalah Hasan, Tyas dan Ditto.
Menurut Rio, panggilan akrab lelaki ramah ini, sebenarnya teknik gambar spacepainting bukan sesuatu yang baru dalam bidang seni lukis. Sejarah kemunculan spacepainting juga berbarengan dengan teknik gambar grafiti yang telah populer di Amerika Serikat pada era tahun 1980-an.
“Kalau baca sejarahnya, grafiti mungkin punya orang Amerika. Sedangkan spacepaintingumumnya Meksiko. Satu benua memang, tapi Amerika lebih populer dibanding Meksiko,” kata lelaki kelahiran Jakarta, 10 Januari 1983 ini.
Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityFoto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunitySpacepainting Bersatu dengan Alam
Kemunculan spacepainting di Meksiko, sambung Rio, merupakan bentuk ilustrasi dari religi atau peribadatan terhadap Tuhan. Apalagi nenek moyang orang Meksiko yakni suku Aztec sudah mengetahui tentang perkembangan alam semesta seperti planet, bintang dan sebagainya.
“Kalau disejajarkan dengan apa yang mereka buat maka spacepainting berkesinambungan dengan alam,” ungkap anak kedua dari tiga bersaudara yang kerap disapa Gepzkii ini.
Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityFoto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityLebih lanjut Gepzkii menuturkan, spacepainting juga menggambarkan keseimbangan antara empat unsur yang ada di alam semesta yakni manusia, alam, Tuhan dan sosial. Saat ini baru teknik melukisspacepainting-lah yang menggabungkan empat unsur tersebut sehingga bisa berjalan seimbang.  “Itu yang membuat saya tertarik mendalamispacepainting,” papar Gepzkii yang mempunyai latar belakang sebagai graffiti artist ini.
Melukis dengan spacepainting, sambung Gepzkii, juga bisa menemukan salah satu karakteritik dalam berkarya. Walaupun sama-sama melukis dengan metode yang sama yakni spacepainting namun karakter tiap lukisannya bisa berbeda-beda. Oleh karena itu tidak ada batasan ketika memanfaatkan cat semprot kaleng saat melukis berbagai keindahan ruang angkasa dengan metode spacepainting.
Teknik menggambar spacepainting didapat Gepzkii dari Edgar, teman satu kuliahnya di Universitas Trisakti.  Kala itu Edgar memperlihatkan teknik spacepaiting yang dilakukan Brandon Macona melalui situs Youtube.
Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityFoto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting Community“Setelah kita lihat, wah keren banget lukisannya. Akhirnya kita patungan beli cat semprot, kertas dan lainnya. Kita urek-urekan sehingga ketika bisa gambar satu planet saja senang banget,” ungkapnya.
Mendatangkan Bisnis
Mengingat spacepainting baru berkembang di Indonesia dan pelakunya juga sedikit maka karya-karya spacepainting bisa mendatangkan bisnis. Selama ini hasil karya Gepzkii kerap dibeli dan dipesan oleh berbagai kalangan. Oleh karena itu Gepzkii kerap mengadakan workshop guna memasyarakatkan spacepainting kepada masyarakat umum.
Dalam waktu dekat Gepzkii juga akan mengadakan open class agar peminat spacepainting bisa belajar lebih efektif. “Kalau open class belajarnya bisa dari pagi sehingga sampai habis-habisan dan bosan belajar spacepainting,” paparnya.
Foto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunityFoto: Dok.GLXY Imagilangit Spacepainting CommunitySebagai orang yang mempopulerkan spacepainting,Gepzkii sempat mendapat tentangan dari ayah dan ibunya yakni Sutisnawan dan Trias Putri. Apalagi ketika menggambar spacepainting kerap dilakukannya di dalam kamar tidur sehingga membuat aroma cat semprot memenuhi ruangan. Ketika melukis pun suara cat semprot kerap terdengar nyaring dengan suaranya pletak-pletok.
Namun hal tersebut tidak berlangsung lama apalagi setelah melihat banyak media massa seperti televisi, cetak dan online kerap mewawancarai dan menjadikannya profil di medianya. Melihat bakat anaknya tersebut maka orang tua Gepzkii pun membuatkan ruangan khusus untuk spacaepainting yang posisinya di lantai atas.
Saat ini ada satu keinginan yang masih terpendam Gepzkii, yakni ingin disponsori oleh perusahaan cat semprot kaleng yang selama ini digunakan. Dengan spacepainting juga memperkenalkan kepada masyarakat umum bahwa cat semprot kaleng  tidak hanya digunakan untuk corat-coret tembok. “Saya juga kepengen karya saya menular ke orang juga,” tuturnya sambil menutup pembicaraan.


"mau dunk belajar spacepainting " huah :) kerennnn...asli 

Tidak ada komentar:

NicKy GhitU says saran dan pesan pliss chat in buku tamu,thanks